Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pesantren pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Tharifatut Taulidia
Luthfatun Nisa'

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai pandemi Virus Covid-19 yang menggemparkan dunia mempengaruhi segala aspek kehidupan baik politik, ekonomi, sosial dan dunia pendidikan. Banyak sekolah yang terpaksa ditutup, sehingga para siswa harus melaksanakan pembelajaran secara virtual/daring (dalam jaringan). Akan tetapi, saat ini ada juga beberapa sekolah yang tetap melaksanakan pembelajaran dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, salah satunya yaitu Pondok Pesantren. Hal ini tentunya sangat berdampak terhadap psikis para santri, karna maraknya pandemi covid-19 ini menyebabkan para santri mengalami berbagai problematika dalam menghafal dan menjaga hafalannya. Oleh karena itu, dalam pengabdian ini, peneliti melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap santri tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Mashlahatul Hidayah, dengan tujuan agar para santri tetap menjaga kualitas dan kuantitas hafalan ditengah maraknya pandemi Virus Covid-19. Selain itu, peneliti juga memberikan sedikit motivasi kepada para santri agar tetap semangat dalam menghafal Al-Qur’an. Kegiatan ini dilaksanakan di desa Moncek Timur, kecamatan Lenteng, kabupaten Sumenep. Sasaran dari pengabdian ini yaitu santri putri berjumlah 9 orang yang sedang menempuh jenjang Pendidikan MTs-MA, sekaligus penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Mashlahatul Hidayah. Dengan adanya pengabdian ini, membuat para santri penghafal Al-Qur’an semakin semangat, sehingga mereka mampu menghafal Al-Qur’an dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan bertambahnya kualitas dan kuantitas serta semangat mereka dalam menghafalkan Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Taulidia, T. ., & Nisa’, L. (2021). Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pesantren pada Masa Pandemi Covid-19. Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an, 2(1), 7-12. https://doi.org/10.37985/hq.v2i1.16
Section
Articles

References

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren, Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES, 1985.

Effendi, Edy, dkk. “Perlunta Pemberian Bantuan Sosial kepada Kiai Pondok Pesantren di Masa Pandemi COVID-19,” Jurnal Anggaran dan Keuangan Indonesia, vo, 2, no.2, 2020.

Hasanah, Nur, dan Abd. Mujahid Hamdan, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ),” Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, no. 1, vol. 1, 2021.

Hidayati, Widiani, dan Widia Khumaira, “Pembelajaran Tahfizul Qur’an di Pesantren pada Masa Pandemi Covid-19,” Khazanah: Jurnal Mahasiswa, no. 12, vo. 1, Jakarta dan Yogyakarta.

Latifah, Ainiyatul, dkk. “Pembelajaran Tahfidz dengan Metode Talaqqi Via Aplikasi Zoom dan WA (Studi Kasus Setoran Online Rumah Tahfidz SMP Ma’arif NU 1 Wanareja),” Jurnal Pendidikan Islam, no. 1, vo. 12, Mei, 2021.

Muchaddam Fahham, Achmad, “Pembelajaran di Pesantren Pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Info Singkat, no. 14, vo. XII, Juli, 2020.

Syafe’i, Imam, “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Krakter,” Jurnal Pendidikan Islam, vo. 8, Mei, 2017.

Wafiah, Mubarakah, Wardah, dan Erni Munastiwi, “Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an Berbasiskan Online Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan Islam, no. 2, vo. 15, 2020.